Puskesmas Wanasari Gelar Pembinaan Survei Mawas Diri Desa Klampok

Kabar Desa
Kepala Puskesmas Wanasari, dr. Rofiqoh, MM memaparkan secara umum tentang Survei Mawas Diri (SMD).

Klampok- Persoalan kesehatan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua, terlebih untuk masyarakat desa Klampok. Oleh karenanya, guna mengidentifikasi permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat, sekaligus menggali potensi-potensi yang ada untuk memecahkan masalah tersebut, perlu diadakannya sebuah survei, yakni Survei Mawas Diri (SMD).

Bertempat di aula balaidesa Klampok, team dari Puskesmas Wanasari menggelar pembinaan SMD desa Klampok. Sedikitnya 25 orang hadir pada acara tersebut. Mereka terdiri dari pengurus Forum Kesehatan Desa (FKD), Bidan desa, Kader Posyandu, Kades dan perangkatnya, BPD, LPM, Pendamping PKH, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. “Mestinya SMD ini digelar oleh FKD, namun karena FKD Klampok baru terbentuk, sementara kita fasilitasi acara ini” tutur dr. Rofiqoh, MM, Kepala Puskesmas Wanasari.

Dalam kesempatan itu, Mbak Vivi selaku Kades Klampok mengapresiasi kegiatan SMD. Ia berharap hasil survei nantinya betul-betul mampu menyajikan detail permasalahan kesehatan, sekaligus validitas data. Sehingga ke depan, pemerintah desa dapat menyusun anggaran kesehatan dengan baik serta mampu mengeksekusi permasalahan-permasalahan kesehatan selama ini” tegasnya.

Secara teknis, Rohmatul Fadilah, Amd Keb. sebagai Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Masyarakat memaparkan bahwa SMD desa Klampok akan dilakukan kepada 300 keluarga yang tersebar di 8 rw se desa Klampok. Survei ini akan dilakukan oleh para Kader Posyandu dengan observasi langsung dan menggali jawaban “Ya” atau “Tidak” dari beberapa kuesioner yang sudah disediakan.

Di penghujung acara, Rohmatul Fadilah juga menyampaikan materi seputar Penyakit Kaki Gajah. Ia menambahkan, bahwa di awal bulan November mendatang, akan segera dibagikan pil pencegah penyakit Kaki Gajah. “Efek dari minum pil ini, biasanya mual atau pusing, makanya bisa diminum sebelum tidur” pungkasnya.

 

 

Facebook Comments