Klampok Laksanakan Musdes RKPDes 2020

Kabar Desa

Klampok- Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Desa (RKPDes) Klampok Tahun 2020 digelar di Aula Balai Desa Klampok pada Selasa (05/11/2019).

Hadir pada acara tersebut, tim dari kecamatan Wanasari, Kepala Desa beserta jajaran perangkatnya, BPD, LPM, KPMD, Karang Taruna, FMPP, Ketua RW, Ketua RT, Segenap Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Ketua BPD, Ahmad Toridin memimpin Musdes.

Musdes yang dipimpin langsung oleh ketua BPD tersebut, diawali dengan penyampaian paparan pelaksanaan kegiatan pemerintah desa tahun 2019 oleh Kades Klampok, Nasikhatun Fitriyani, S.Pd. Dalam paparannya ia menyampaikan bahwa sampai saat ini pemerintah desa baru berhasil menyerap anggaran desa sebanyak 33% dari APBDes 2019.

“Sampai bulan Oktober 2019, kami baru bisa menyalurkan dana sekitar 1 Milyar dari 3 Milyar yang tertuang dalam APBDes 2019. Insya Allah dalam waktu dekat akan disalurkan dana tahap kedua sebesar 800 juta”, tutur Kades Klampok yang akrab disapa Mbak Vivi.

Sementara itu, Ketua BPD Ahmad Toridin dalam tanggapan resminya mengenai penyerapan dana desa yang baru 33%, ia memaklumi betul hal tersebut. Bahkan dalam hal ini, dirinya tidak menyalahkan siapa-siapa.

“Kami memaklumi kesulitan tersebut, karena dalam tahun 2019, di desa Klampok terjadi peralihan 3 kepala desa, yaitu: Kepala desa lama Bapak Sukwid, dilanjut Kepala desa sementara Ibu Sri Daolati kemudian Kades yang baru Ibu Nasikhatun Fitriyani” ujar Ahmad Toridin.

Dalam pelaksanaannya, Musdes RKPDes Klampok tahun 2020, dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5 bidang, yakni: Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana.

Kelompok diskusi

Kelima bidang tersebut nantinya akan menjadi acuan guna menyusun APBDes Klampok Tahun 2020.

 

 

Facebook Comments