Jumat Berkah: Masjid Sirothol Mustaqim Sediakan Makan Untuk Jamaah Jumat

Klampok- Hari jumat adalah hari besar bagi kaum muslim. Selain penuh keberkahan, hari jumat merupakan hari berkumpulnya muslim laki-laki untuk menunaikan shalat Jumat secara berjamaah di masjid. Tak terkecuali, hal ini dilaksanakan pula di masjid Sirothol Mustaqim, rt 09 rw 01 desa Klampok. Tepatnya di sebelah utara lapangan desa Klampok.

Jika anda, menunaikan shalat Jumat di masjid Sirothol Mustaqim Klampok, kini ada pemandangan yang berbeda. Usai pelaksanaan shalat jumat, sudah tersedia makan siang yang disajikan oleh pengurus masjid. Tampak sebagian besar jamaah pun menikmatinya.

“Program sedekah Jumat ini memang belum lama, baru sekitar lima bulan berjalan” tutur Miftahul Janan, Ketua Takmir masjid tersebut.

Kusmanto, M.Pd selaku penasehat masjid Sirothol Mustaqim sekaligus pimpinan ranting Muhammadiyah Klampok membenarkan program tersebut. Ia menambahkan selain melatih infaq, sedekah jumat yang berupa makan siang untuk jamaah juga ternyata berdampak positif bagi bertambahnya jamaah shalat Jumat.

Dengan adanya program sedekah makan siang usai sholat jumat, ternyata menambah semangat warga sekitar, terutama anak-anak. Sebelumnya, jamaah shalat Jumat hanya berkisar 150an jamaah, namun kini meningkat bisa mencapai 200 jamaah lebih.

“Hampir 80 persen jamaah sholat jumat ikut makan siang bersama disini. Mereka tidak hanya warga sekitar, banyak pula para musafir” ungkap Kusmanto.

Juhadi selaku jamaah merasa senang dengan adanya program ini. Bahkan ia rela dengan ikhlas bahu-membahu dengan jamaah lain untuk menyiapkan sarana-prasarana sedekah makan siang ini. Makanan disiapkan oleh ibu-ibu Aisiyah dibantu para pemuda Muhammadiyah.

Kusmanto menambahkan bahwa selama ini, dana sedekah makan siang usai shalat jumat, sementara masih bersumber dari donatur tunggal, hamba Allah (yang tidak mau disebutkan namanya). Namun tidak menutup kemungkinan, juga bisa menerima dari donatur lain.