Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) PKH Klampok

Klampok- Sedikitnya ada 870 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di desa Klampok. Selain menerima haknya, yakni menerima bansos uang PKH melaui ATM ternyata para KPM PKH juga mempunyai beberapa kewajibannyang harus dipenuhi.

Kewajiban itu diantara yakni bagi anggota keluarga yang hamil wajib memeriksakan kandungannya minimal 4 kali, yakni satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali pada trimester ke tiga. Untuk anggota keluarga yang masih sekolah, harus aktif hadir di sekolah.

Selain itu, para pengurus PKH juga wajib hadir pada pertemuan kelompok, sekaligus pada acara Family Development Seasion, atau kerap disebut dengan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Mereka para KPM PKH dikelompokkan dan diberikan berbagai materi untuk penguatan keluarga, seperti materi tentang: Pengaduhan dan Pendidikan Anak, Mengelola Keuangan Keluarga, Gizi Ibu Hamil dan Anak, Lansia dan lainnya.

Tentunya bukan hal yang mudah memberikan beragam materi kepada KPM PKH yang nota benenya, kebanyakan berpendidikan rendah. Para pendamping PKH pun sudah disiapkan sedemikian rupa menghadapi tantangan tersebut. Diantaranya, mereka para pendamping telah digembleng diklat P2K2 selama 12-17 hari.

P2K2 ini menjadi kewajiban pendamping dan KPM tiap bulannya. Biasanya acara ini digelar dirumah ketua kelompok atau dirumah KPM lain, bergantian. Materinya pun varuatif, diselingi ice breaking dan curah pendapat serta menonton video dan film motifasi yang berkaitan dengan materi yang sedang disampaikan.