Serah Terima Data KPM PKH Klampok

Klampok- Penerima Program Keluarga Harapan di desa Klampok mencapai 870 KPM. Namun ternyata jumlah tersebut belum mencakup seluruhny warga miskin yang ada. Dan sebaliknya sebagian masyarakat menilai penerima PKH ada yang tidak tepat sasaran.

Penilaian itu pun liar bermunculan di media sosial. Apalagi pasca penyaluran dana PKH tiap tahapnya, tiga bulan sekali. Berbagai kecaman dan umpatan terkadang terlontar oleh oknum warga yang merasa iri tidak mendapatkannya. Tidak hanya dilakukan oleh warga, bahkan tokoh masyarakat seperti ketua rt, rw dan lembaga desa pun banyak yang menilai tidak tepat sasaran.

Merespon hal itu, setiap pendamping bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan pihak desa dampingan masing-masing. Pendamping menjelaskan prosedur kepesertaan PKH secara gamblang serta memberikan data para penerima PKH satu desa tersebut.

“Data ini kami serahkan kepada desa, silahkan pilah atau tandai, mana KPM yang dianggap sudah mampu atau tidak layak lagi untuk mendapatkan bantuan PKH” tegas,Imam Chumedi pendamping PKH desa Klampok.

Bila memang pihak desa mau mengeluarkan surat pernyataan mampu bagi beberapa KPM PKH yang terindikasi mampu atau tidak tepat sasaran, para pendamping PKH pun akan menindaklanjuti hal tersebut, yakni dengan menggraduasi peserta PKH, alias mencoret kepesertaannya, karena sudah mampu atau sejahtera.