Focus Group Discussion (FGD) Ketua Kelompok PKH Desa Klampok

Klampok- Peran ketua Kelompok PKH sangat urgent dalam menyukseskan Program Keluarga Harapan, khususnya dalam membantu pendamping PKH. Namun tak sedikit pula posisi ketua kelompok yang nota bene mengkoordinir anggota PKH 15-30 anggota, sering menjadi posisi yang serba sulit. Ketua Kelompok sering dituding sebagai seorang yang mampu memasukkan atau mengeluarkan peserta PKH. Padahal dalam kenyataan dan aturannya, tidaklah demikian.

Untuk meminimalisasi simpang-siur berita yang sering berhembus di masyarakat umum, pendamping PKH Klampok, Ati Diana Nasikha melakukan koordinasi serta diskusi group dengan beberapa ketua kelompok di lingkungan RW 4, 5 dan 6. Sedikitnya ada 11 Ketua Kelompok yang hadir pada acara itu. Dengan penuh kesederhanaan acara tersebut berjalan lancar, di rumah ibu Koriah, Rw 05 Klampok.

Sebagai pendamping PKH baru, Adin segera melakukan regenerasi ketua kelompok. Ada beberapa ketua kelompok PKH baru di lingkungan tersebut. Namun ada beberapa ketua kelompok lama yang juga tetap dipertahankan.

“Kami harap, semua ketua kelompok PKH bisa bekerjasama dengan pendamping PKH sesuai dengan aturan. Ketua kelompok dilarang memegang KKS anggota atau mengkoordinir pencairan PKH maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Setiap anggota agar memegang KKS nya masing-masing. Dan untuk pencairan PKH, kami bebaskan, isa ambil di mana saja, baik di ATM maupu agen, dan tidak ada pungutan biaya apapun” tutur Adin.

Pada kesempatan itu hadir pula pendamping PKH wilayah RW 7 dan 8 desa KLampok, Imam Chumedi. Ia berharap, ketua kelompok harus senatiasa sigap dan tanggap, terlebih dalam menyikapi berbagai informasi tentang ke PKH-an. Mohon kepada ketua kelompok agar memanfaatkan group Whatsapp ketua kelompok dengan sebaik-baiknya, sebagai media silaturahim dan sharing serta diskusi bersama” tegas Imam.

Dewi Indrawati merasa senang bisa dipercaya sebagai ketua kelompok baru di lingkungan RW 04. Padahal dirinya baru saja terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH tahun 2020 ini. Ia berjanji akan memegang amanah mulia ini, serta bersinergi dengan para ketua lama dan pendamping PKH Klampok.