Akhirnya, Bansos Sembako Covid Cair

Klampok- Setelah menanti dua bulan lamanya, akhirnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Sembako Covid pun merasakan bansos tersebut. Sebelumnya, hampir tiap hari celotehan para penerima KKS Mandiri selalu berhamburan di jagat media sosial. Banyak yang kesal, nyinyir bahkan sempat putus asa.

Maklum saja, hanya bansos Sembako Covid inilah yang terbilang terlambat cair dibanding bansos lainnya. Sebut saja BST pusat yang lewat Pos sudah dua kali penyaluran. Namun penantian panjang para pemegang ATM Mandiri itu pun dibayar lunas. Tidak tanggung-tanggung, pemerintah merapel 3 bulan bansos tersebut. Sehingga masuk di masing-masing rekening sebesar 600 ribu rupiah.

“Bansos tersebut disalurkan oleh para Agen Mandiri yang telah ditunjuk, dan disalurkan dalam bentuk Sembako. Adapun komoditi yang disediakan para agen berupa: beras, telor dan protein, baik hewani maupun nabati, seperti sayur dan buah-buahan” tutur Kades Klampok, Mbak Vivi.

Marwah selaku Agen Mandiri menjelaskan bahwa penyaluran Sembako Covid ini sudah dimulai sejak Kamis kemarin (25/06/2020) hingga akhir bulan ini. Ia menegaskan bahwa KPM bebas membelanjakan saldonya sesuai kebutuhannya, tidak harus sama dengan lainnya.

Mbak Vivi mengungkapkan bahwa sedikitnya ada 642 KPM di desa klampok yang sudah menerima KKS dan bisa memanfaatkannya. Namun berdasarkan pantauannya ternyata masih ada juga KPM yang sudah menerima ATM, namun sampai hari ini saldonya masih 0.

Perihal saldo KPM yang masih 0, Kades klampok akan segera menghubungi pihak Mandiri untuk mengetahui sebab musabbab kejelasannya.

“Setidaknya, tadi sudah ada 2 kasus terkait warga kami, penerima Sembako Covid yang saldo ATM nya masih 0. Belum lagi kemarin ada kasus, ATM yang tertukar, karena ketledoran juru bagi ATM pada saat pembagian ATM waktu itu” tutur Mbak Vivi.