Kades Klampok Tinjau Program BSPS

Klampok- Untuk mengukur sejauh mana keseriusan warganya dalam menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kades Klampok, Nasikhatun Fitriyani langsung turun lapangan meninjau ke beberapa lokasi pada Sabtu (26/06/2020).

Salah satu dari beberapa rumah yang dituju yakni rumah bapak Rokim di lingkungan RW 06. Tampak pengerjaan rumah sudah lebih dari 30 persen. “Alhamdulillah, sudah beberapa hari ini pengerjaan rumah dilakukan oleh beberapa tukang. Kebetulan hari ini, Jumat. Para tukang libur”, tutur Rokim.

“Saya berharap, para penerima BSPS ini bisa memaksimalkan bantuan yang ada, tentunya dengan modal dan keseriusan. Semoga para warga bisa amanah, sehingga bisa menjadi tolok ukur, agar tahun berikutnya bisa merambah ke rumah-rumah warga lainnya yang masih membutuhkan” harap Nasikhatun Fitriyani.

Siang itu ia menyempatkan diri dengan rombongan Tenaga Fasilitator Lapangan meninjau ke beberapa lokasi rumah penerima BSPS, diantaranya yakni di lingkungan RW 02, 03, dan 06.

Fadilatya Aryanov Soekiswo selaku Tenaga Fasilitator Lapangan desa Klampok memaparkan bahwa dari 75 keluarga yang telah menandatangani proposal BSPS ini, sedikitnya sampai hari sudah ada 35 rumah yang sudah mulai berproses melakukan renovasi, selebihnya di minggu-minggu depan.

“Ditargetkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini bisa selesai pada ahir September” tegas Adit.

Diberitakan sebelumnya bahwa sedikitnya ada 100 rumah lebih yang masuk pada TFL, namun setelah melalui verifikasi hanya ada 75 rumah yang akhirnya deal, layak dan memenuhi syarat untuk mendapatkan program BSPS ini.

Pada program BSPS ini, justru lebih menitik beratkan kesiapan dan kesanggupan sebuah keluarga untuk merenovasi rumahnya hanya dengan bantuan stimulan senilai 17,5 juta rupiah. Dan rumah tersebut disyaratkan bukan rumah tumpeng, sudah dengan nama perorangan serta tidak atau belum pernah sama sekali menerima bantuan seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).