Drainase RW 04 Solusi Atasi Banjir

Klampok- Tak bisa dipungkiri padatnya penduduk desa Klampok juga berimbas pada memadatnya bangunan rumah yang ada. Perumahan warga di desa layaknya perumahan di kota.

Ironinya, pembangunan rumah yang ada terkadang tidak dibarengi dengan perencanaan yang matang, terutama perihal pembuangan limbah atau drainase. Hal ini tampak di lingkungan jalan manijah 1 desa Klampok. Di depan rumah, tidak terdapat got atau pembuangan air, sehingga ketika musim hujan menyebabkan banjir atau pun genangan air yang bercampur dengan limbah rumah tangga.

Merespon persoalan itulah, pada tahun 2020 ini pemerintah desa melalui anggaran Silpa yang ada melaksanakan program pembuatan drainase di sepanjang jalan manijah 1 desa Klampok.

“Kami menyambut baik proyek ini. Hal ini sudah lama menjadi keluhan dan harapan warga sekitar” ungkap Sujai, ketua RW 04 (25/07/2020).

Dasmi juga mengungkapkan kesenangannya dengan adanya drainase baru itu. Hal itu sangat membantu laju air, terutama saat musim hujan.

“Dengan adanya pembangunan drainase di lingkungan kami, sekatang jalan terlihat rapi dan tidak kukuh. Tinggal kesadaran kami untuk menjaga dan merawatnya. Kami bergarap drainase ini betul-betul bisa berjalan dari hulu sampai hilir, tidak hanya sekedar dibangun saja”, harap Dasmi.