Masjid Besar Al-Karomah Terima Dan Salurkan Hewan Qurban 1 Ekor Sapi dan 10 Kambing

Klampok- Perayaan Hari Raya Idul Adha di desa Klampok juga dilengkapi dengan ibadah qurban di beberapa Masjid dan Musholla Di desa Klampok. Tak terkecuali di Masjid Besar AL-Karomah. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di desa Klampok.

Masjid Besar Al-Karomah selalu menjadi barometer pusat kegiatan ibadah, tak terkecuali prosesi penyembelihan hewan qurban pada setiap Idul Adha. Untuk Idul Adha kali ini, panitia beserta pengurus masjid Besar Al-Karomah melaksanakan penyembelihan hewan qurban di hari tasyrik, tepatnya di tanggal 11 Dzulhijjah 1441H, Sabtu (01/08/2020).

Pelaksanaan penyembelihan sengaja dilaksanakn tidak tepat pada hari H Idul Adha. Karena 10 Dzulhijjah tahun ini bertepatan dengan hari jumat yang cukup singkat waktunya. Maka panitia memilih di hari kedua, tepatnya di hari tasyrik agar waktunya lebih senggang.

“Pada Idul Qurban tahun ini, kami menerima 1 ekor sapi dan 10 ekor kambing. Untuk 1 ekor sapi terdiri dari 7 orang yang terdiri dari paguyuban yang sudah berjlan beberapa tahun ini” tutur Ustadz Solikhin, Ketua Takmir Masjid Besar Al-Karomah.

Sebelum acara penyembelihan hewan qurban, terlebih dahulu dilakukan ceremoni berupa pasrah singkat dari para aghniya atau pequrban kepada pengurus sekaligus panitia. Disaksikan oleh puluhan pengurus dan wara sekitar, acara tersebut tampak begitu syiar.

Hadir Kyai Khasanudin dan Ustadz Ali Subhan sebagai juru jagal hewan qurban. Semua hewan qurban tersembelih dengan baik sesuai syariat dan tuntutan agama. Sedikitnya hewan qurban yang ada terbagi rata, masing-masing 1/2 kg kepada 400 KK di sekitar Masjid Besar Al-Karomah.