Rembug Bidan Desa dengan Kades Klampok

Klampok- Pandemi Corona melumpuhkan segala macam aktivitas, tak terkecuali beberapa agenda serta kegiatan yang sudah direncanakan oleh para bidan desa Klampok. Lebih dari dua bulan, kegiatan rutin Pos Pelayanan Terpadu pun sempat ditiadakan.

Kini menyambut era new normal, para bidan desa Klampok, bersiap diri melaksanakan serangkaian kegiatan, tentunya dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan yang sudah ditetapkan.

Tiga bidan desa Klampok yakni Etik Rahmatika, Rosita dan Asiyah didampingi PJ Upaya Kesehatan Masyarakat puskesmas Wanasari bersilaturahmi ke kantor kepala desa Klampok. Mereka berembug dengan kades Klampok juga mengurai persoalan kesehatan masyarakat Klampok yang cukup komplek. “Kami berharap ibu Kades membuat perdes mengenai Mobil Siaga, baik opersional maupun management pengelolaannya” harap Fadilah, (4/8).

Pada kesempatan itu para bidan desa juga berkoordinasi dengan pihak desa terkait rencana penimbangan dan pemberian vitamin A secara serentak di bulan Agustus ini. “Kami mohon kerjasamanya dari pihak desa untuk bisa membantu kami. Minimal ada perwakilan untuk setiap Posyandu, bisa dari unsur perangkat, atau ketua RW setempat” tutur Rosita.

Kades Fitriyani menyambut hangat kedatangan para bidan untuk berembug bersama. Ia menegaskan kesiapan dirinya beserta jajarannya untuk ikut serta menyukseskan program-program dan kegiatan yang sudah direncanakan, baik oleh bidan maupun oleh Forum Kesehatan Desa (FKD). Ia juga susah berusaha mengalokasikan besaranan anggaran kesehatan minimal 4 % dari dana desa.