Pemdes Klampok Gelar Tasyakuran Muharraman 1442 H

KH Abdur Rouf Mustofa sedang memberikan tausiyah.

Klampok- sudah menjadi rutinitas pemerintah desa Klampok untuk mengadakan tasyakuran Muharraman tiap tahunnya. Karena pertimbangan berbagai hal, kali ini pelaksanaanya tak bertepatan dengan malam 10 Muharram, melainkan baru dapat terlaksana malam ini, Kamis (03/09/2020).

Rangkaian acara tasyakuran Muharraman sudah dimulai sejak malam kemarin. Yakni diawali dengan ziarah kubur Kades beserta jajaran perangkatnya, serta didampingi para tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. Tiga makam yang kemarin diziarahi bersama yaitu, Makam Mbah Rubi, Makam Mbah Wanagati dan Makam Mbah Pati. Ketiganya adalah para leluhur, nenek moyang desa Klampok.

Acara Tasyakur Muharram diawali sambutan Kades Klampok, Nasikhatun Fitriyani, S.Pd. Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para ketua RT, Ketua RW serta semua yang menyempatkan hadir. Nasikhatun Fitriyani juga menyampaikan bahwa dirinya menjabat sebagai Kades Klampok, kurang lebih genap setahun.

“Alhamdulillah ada banyak program serta janji saya yang sudah terlaksana di tahun pertama saya menjabat. Diantaranya yaitu pembenahan tertib birokrasi. Klampok menuju era transparasi. Semua masyarakat bisa saling mengawasi serta memberikan masukan kepada kami, baik secara langsung atau pun melalui sosial media” urainya.

Nasikhatun Fitriyani juga melanjutkan uraiannya, bahwa di awal tahun ia telah berusaha melakukan negoisasi dengan PT SMJ, sehingga tanah bengkok yang sempat terbawa oleh pabrik, kini dapat ditarik atau dikembalikan lagi. Klampok juga ternyata punya tanah bengkok di desa Krakahan seluas 11 bau, yang kini disewa sampai tahun 2025.

Program lainnya yang juga telah terwujud adalah pemberdayakan RT RW dalam pengurusan administrasi. Setiap orang yang akan menggelar hajatan, harus melalui ketua RT dan ketua RW setempat guna meminta surat pengantar ke desa, yang pada akhirnya desa akan mengeluarkan surat izin menyelenggarakan hajatan, atau lazimm dikenal dengan istilah bilet.

Pada kesempatan yang sama Mbak Vivi selaku kades Klampok juga menyerahkan 4 buah becak sampah kepada Bumdes Jaya desa Klampok, yang diwakili oleh saudara Risdiyanto. Selanjutnya, Bumdes diminta untuk mampu mengelolanya dengan amanah dan baik. Sebelumnya, untuk menjalankan roda usaha, Bumdes telah dimodali pemdes Klampok 47 juta rupiah, sebuah alat pengaduk atau molen dan pengelolaan mobil siaga. Dalam waktu dekat juga akan diberikan tambahan modal usaha.

“Atas nama pengurus Bumdes desa Klampok, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemdes Klampok yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk mengelola usaha, termasuk becak sampah ini. Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar amanah dan berjalan dengan baik”, tutur Risdiyanto.

Inti acara tasyakuran Muharram diisi dengan Hikmah Tahun Baru Hijriyah oleh KH. Abdur Rouf Mustofa dan dilanjut dengan ramah tamah, makan nasi tumpeng bersama.