Kemensos Kunjungi KPM Graduasi Mandiri PKH Klampok

Klampok- Tim dari Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) melakukan monitoring serta kunjungan langsung kepada KPM PKH di kabupaten Brebes.

Sejak Selasa, 7 Oktober 2020, tim Kemensos RI dari bidang validasi dan terminasi PKH bergerak ke beberapa KPM. Salah satunya yakni KPM di desa Pesantunan kecamatan Wanasari. Genta selaku bagian dari tim langsung kroscek lapangan terkait data KPM pada aplikasi e-pkh dengan KK yang ada. Kroscek juga dilakukan pada kategori yang dimiliki KPM serta menggali proses pengambilan bantuannya.

Dari monev tersebut juga terungkap ada beberapa KPM PKH dengan kepemilikan KTP atau KK yang belum terupdate pada data DINDUKCAPiL. “Ke depan hal semacam ini agar bisa diminimalisasi, segera dicarikan solusinya” tutur Genta.

Monev berlanjut keesokan harinya. Yakni kunjungan ke salah satu KPM PKH, Graduasi mandiri di desa Klampok. Yaitu ibu Yeyen Nurhaeni. Ia tercatat mengundurkan diri dari kepesertaan PKH pada September lalu, karena merasa sudah mampu dan mandiri.

“Alhamdulillah, ibu Yeyen tercatat sebagai peserta PKH pada tahun 2018. Dan di tahun ini, ia dengan sukarela mengundurkan diri. Dulu hanya usaha jahitan, kini sudah merambah jualan sembako”, ungkap Diah Retno Rahmatika, pendamping PKH Klampok.

Pada kunjungan tersebut, Fatah El Zaman selaku Korkab PKH juga menghimbau kepada pendamping PKH yang telah berhasil menggraduasi KPM nya agar terus memantau dan bisa mengarahkan agar usahanya semakin maju dan mandiri.