Rembug Rukun Kematian RW 01

Klampok- Segenap tokoh agama, tokoh masyarakat dan ketua RT dilingkungan RW 01, malam itu hadir di rumah Ketua RW 01, bapak Setyo Sumarno (17/11).

Mereka hadir dan duduk bersama ketua paguyuban rukun kematian RW 01 , Achmad Zaidi. Hadir pula Kades Klampok, Nasikhatun Fitriyani, S.Pd.

Achmad Zaidi selaku ketua paguyuban rukun kematian di lingkungan RW 01 desa Klampok, menuturkan bahwa paguyubannya sudah berdiri lebih dari dua tahun. Namun ada beberapa kendala dan keluhan yang akhirnya menjadi bahan rapat malam tersebut. Diantaranya perihal perawatan perlengkapan serta iuran kematian yang selama ini masih dibebankan kepada masing-masing RT.

Pada rapat tersebut, dicapai beberapa kesepakatan dan mufakat yang meliputi :

1. Pembelian tempat mandi jenazah yang terbuat dari bahan stanlist. Hal ini guna meringankan keluarga yang tertimpa musibah, terutama keluarga yg tidak mempunyai keluarga. Nantinya jenazah tidak perlu di pangku, dan air langsung di buang melalui selang,

2. Pembelian tempat peralatan ruangan dan kain utk memandikan jenazah. Guna memenuhi itu semua diputuskan dan di sepakati :
1. Iuran Rp. 10.000 per kk hanya sekali, untuk membeli peralatan dan kas utk membantu klga jenazah
2. Iuran Rp. 5.000 setiap ada yang warga yang meninggal.
3. Alokasi dana sosial guna membantu keluarga musibah sebesar Rp. 750.000

Dari rapat tersebut, pengurus paguyuban rukun kematian juga berencana mencanangkan pelatihan utk tata cara mengurus jenazah khususnya untuk perempuan sebagai pembantu Lebe desa klampok