Dilema Penanganan Sampah Di Desa Klampok

Klampok- Persoalan sampah di desa Klampok sudah menjadi persoalan urgent di tengah jumlah warga desa Klampok yang terus bertambah.

“Jumlah warga Klampok keseluruhan mencapai 20 ribu jiwa, otomatis persoalan sampah dan limbah warga menjadi persoalan serius yang harus segera ditangani” papar Mbak Vivi Kades Klampok.

Sebelumnya beberapa bulan yang lalu Kades Klampok menyerahkan beberapa gerobak sampah bantuan dari PT. API kepada BUMDES untuk difungsikan guna mengurai persoalan sampah di desa Klampok, namun sampai saat ini gerombak-gerobak tersebut belum berfungsi.

Zaenal Muttaqien selaku ketua Bumdes Jaya Mandiri membenarkan hal itu. Menurutnya pengelolaan dan penanganan sampah di desa Klampok baru akan bisa dimulai Januari tahun depan.

“Masih ada beberapa kendala. Diantaranya pengerjaan proyek tempat pembuangan akhir dan tempat pembakaran sampah yang belum selesai seratus persen, alat pembakar serta gudang sampah yang belum terwujud” tutur Zaenal.

Ia juga berharap untuk melegalformalkan penangan sampah di desa Klampok, pihak pemerintah desa harus segera membuat Perdes tentang sampah.