“Adus-Adusan” di Sungai Klampok

Klampok- Kondisi sungai yang mengalir di antara wilayah desa Klampok terbilang kini cukup memprihatinkan. Jika kemarau terlihat kotor, tak jarang berwarna hitam dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

Sebaliknya, jika musim penghujan biasanya terlihat deras mengalirkan air dengan warna keruh. Tak jarang pula diikuti beragam sampah dan kotoran.

Uniknya, dengan kondisi air yang keruh bahkan kotor, ternyata masih saja menjadi wahana permainan tersendiri bagi sebagian anak-anak di sekitar sungai. Adus-Adusan, ya, itulah istilah anak-anak di sekitar saat bermain di seputaran sungai, khususnya di samping MIN Wanasari.

Tak sedikit anak-anak yang dengan asyiknya bermain Adus-Adusan. Mereka bergaya, melompat dari atas sungai. Ada pula yang saling kejar, ada pula yang seketar ikut mandi sembari belajar renang.

Tradisi itu sepertinya sudah ada sejak dahulu. Sejak kondisi sungai masih mengalir bersih. Herannya, di zaman sekarang ini, dengan kondisi air sungai yang terbilang kotor, tradisi itu masih saja turun temurun ada. Apalagi saat hujan tiba, puluhan anak-anak ramai bermain Adus-Adusan di sepanjang sungai.