Peran Penting Ketua Kelompok PKH

Klampok- Adanya sebuah kelompok memang sangat membantu guna mempermudah dalam mengkoordinasikan anggota, apalagi dengan jumlah anggota yang cukup banyak. Biasanya dibagi menjadi beberapa kelompok, dan tiap kelompok ditunjuk seorang ketua kelompok.

Sistem kelompok juga bisa kita temui pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Setiap kelompok peserta PKH terdiri dari 15-30 KPM, dengan satu ketua kelompok.

“Kami sangat terbantu dengan mereka para ketua kelompok PKH. Karena, dengan adanya mereka, mampu mempercepat info terupdate KPM, termasuk mempermudah dan mempercepat deadline tugas pendamping” ungkap Imam Chumedi, pendamping PKH desa Klampok wilayah RW 7 dan 8.

Diah Retno Rahmatika yang juga merupakan pendamping PKH wilayah RW 1-3, senada menuturkan peran penting para ketua kelompok.

“Mereka adalah mitra, teman serta sudah seperti saudara sendiri. Mereka sangat membantu kami, terutama sebagai penghubung, penyambung lidah terkait berbagai macam info terkini PKH, khususnya kepada KPM,” terang Tika.

Namun demikian, Imam Chumedi dan Diah Retno Rachmatika tidak pernah membenarkan jika ada ketua kelompok yang bertingkah semena-mena. Mengancam, menakut-nakuti bahkan membumbui info dengan mengada-ngada atau mengarang sendiri. Misal mengaku bisa memasukkan atau mendaftarkan seseorang agar dapat PKH