Vaksinasi Butuh Peran Semua Pihak

Klampok- Vaksinasi yang dilakukan pemerintah sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ternyata masih menyisakan beberapa kendala.

Salah satunya, yakni animo warga untuk vaksinasi yang masih rendah. Hal ini tentu dilatarbelakangi oleh beragam hal. Ada kalanya berita hoax yang beredar terkait efek, bahaya serta status kehalalan vaksin itu sendiri. Terlebih kali ini warga yang diprioritaskan untuk vaksinasi adalah para lansia. Sedang para lansia, biasanya sudah memiliki penyakit bawaan.

dr. Arsis selaku Kepala Puskesmas Wanasari menegaskan bahwa dirinya beserta tim kesehatan dari Puskesmas hanya sebagai pelaksana vaksinasi, adapun upaya mendatangkan warga diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah desa, Bhabinsa dan Babinkamtibmas.

“Kami menyadari, pada gelombang pertama, warga yang notabene lansia masih merasa khawatir, sehingga yang datang jauh dari harapan. Namun pada gelombang kedua, dengan kerjasama dan peran para ketua RT dan RW, Alhamdulillah memenuhi target” tutur Mbak Vivi, kades Klampok (29/04).

Mbak Vivi juga berharap ada peran serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam memberikan penyuluhan dan penyadaran arti pentingnya vaksinasi sebagai ikhtiar pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di desa Klampok.

Ia juga menuturkan bahwa pada gelombang berikutnya, desa Klampok dijadwalkan vaksinasi dosis 2 pada 18 Mei mendatang dari Puskesmas Wanasari.