Imbas Pengurangan Penerima Bansos

Klampok- Penerima bantuan sosial di tahun 2021 kini berkurang drastis, tak terkecuali penerima bansos di desa Klampok.

Salah satu bansos yang berkurang yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Diawal kemunculannya, penerima bansos ini mencapai 1903 penerima. Mereka terdiri dari penerima BPNT murni maupun yang irisan dengan PKH Namun seiring waktu kini makin menyusut.

“Pengurangan itu bisa jadi karena beberapa hal, diantaranya karena double data, meninggal, atau pun tidak masuk dalam DTKS desa,” tutur Wahyu, TKSK kec. Wanasari.

Imbas dari pengurangan itu, kantor PKH yang berada tepat di belakang balai desa Klampok, pun sering menjadi sasaran aduan masyarkat sekitar. Hampir tiap harinya, ada saja yang mengadu karena kini tak dapat lagi bansos.

Bahkan ada pula beberapa warga yang dengan iibanya, meminta agar keluarganya bisa dimasukkan sebagai peserta PKH atau penerima bansos lainnya.

“Mohon maaf, ini kantor PKH bukan tempat pendaftaran bansos. Untuk PKH sendiri pun tidak pernah ada pendaftarannya, kami hanya pelaksana program. Adapun Data penerima bansos PKH, sudah kami dapatkan dari pusat berdasarkan DTKS desa,” terang Komarudin, Korcam PKH kecamatan Wanasari.