Arti Penting Sebuah Nomor Induk Kependudukan

Klampok- Ada sebagian dari masyarakat yang masih menganggap sepele dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Bahkan mungkin sebagian besar dari kita tidak hafal dengan NIK nya sendiri.

Padahal, sejatinya NIK itu sangatlah penting. Apalagi kini mulai diberlakukan dalam segala keperluan administrasi, satu orang, satu NIK. Artinya, seyogyanya setiap orang memiliki NIK masing-masing yang harus berbeda dengan orang lain.

Namun, nyatanya masih ada pula dijumpai persoalan NIK ganda, atau NIK tidak ditemukan atau tidak padan dengan Dindukcapil setempat. Persoalan inilah yang salah satunya menjadi penyebab banyaknya warga akhirnya gagal menerima bansos. Karena terkendala dengan NIK.

Untuk mengurai hal itu, Dinsos beserta operator desa dibantu pendamping PKH sedang dan terus berusaha melakukan perbaikan NIK bermasalah, terutama pada aplikasi SIKNG. Hal ini guna meminimalisasi persoalan NIK yang berujung pada tidak validnya data.

Dari sinilah, kita ketahui betapa pentingnya sebuah NIK. Pastikan NIK anda terdaftar, update secara online dan sesuai dengan namanya.