Kunjungan Ke Keluarga Penerima Manfaat PKH

Klampok- Salah satu tugas pendamping PKH diantaranya adalah melakukan kunjungan atau home visit kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).  Kujungan ini sangat penting untuk engetahui kondisi riil penerima bansos tersebut.

Berdasarakan pengalaman salah seorang pendamping yang senantiasa melakukan kunjungan ke rumah KPM, ternyata didapati beberapa kondisi rumah KPM yang terbilang cukup bagus. Hal inilah yang sennatiasa mejadi polemik dan kecemburuan di masyarakat sekitarnya.

Ironi, justru terkadang ada rumah dengan kondisi yang lebih jelek atu dibawah para peserta PKH, namun ternyata tidak mendapatkan PKH atau bansos apapun.

“Kepesertaan PKH pada hakekatnya tak seratus persen ditentukan dari kondisi rumah, melainkan berdasarkan Data Terpadu Kesejaheraan Sosial. Bahwa seorang KPM adalah betul-betul terdaftar sebgai salah satu Keluarga Miskin dan memiliki komponen atau kategori di dalamnya, baik ibu hamil, anak sekolah amaupun komponen lansia. Inilah yang harus dipahami bersama”. tutur Imam Chumedi, pendamping PKH.

Diberitakan sebelumnya, beberapa waktu yang lalu, para penerima PKH telah dilabeli keluarga miskin di rumahnya masing-masing.