Persoalan Sampah di Pintu Air RW 08 Klampok

Klampok- Pemandangan tak sedap berupa gundukan sampah sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi ketika kita melintasi perbatasan rel di RW 08. Di sepanjang sungai itu tampak sampah menggenangi sungai. Terkadang bau tak sedap pun tercium menyengat.

Pemandangan tak sedap itu sebenarnya sudah menjadi keluhan warga sekitar, bahkan sering diekspos oleh para netizen di media sosial. Namun hal itu belum juga kunjung mendapatkan perhatian penuh dari pihak terkait.

“Persoalan sampah ini, memang tak bisa disalahkan dari masyarakat sekitar. Karena pada hakekatnya gundukan sampah ini adalah kiriman dari berbagai daerah atau desa sebelah. Kebetulan pas di bawah gorong-gorong rel ini, begitu dangkal sehingga banyk yang menyangkut, terhenti dan menggunung” papar Taulani ketua RW setempat.

Warga setempat hanya bisa mengandalkan pengambilan dari petugas pengairan yang tak pasti. Sedangkan kiriman sampah di sungai bisa datang kapan saja dengan jumlah yang tak terduga.

“Sebenarnya kami sudah berkoordinasi dengan pihak pengairan atau jasa pengelola rel untuk mengusulkan perbaikan gorong-gorong. Namun mungkin hal itu belum bisa terealisasi karena memang membutuhkan pengerjaan dan biaya yang cukup banyak, ” tutur Slamet, perangkat desa Klampok.

Masyarakat sekitar berharap pihak desa juga berkoordinasi dengan kades kades desa sekitar terutama yang dilaui aliran sungai agar menghimbau warganya untuk tidak membuang sampah di sungai tersebut.