Antusias Warga VS Stok Vaksin

Klampok- Seiring berjalannya waktu, kesadaran warga Klampok akan pentingnya vaksinasi semakin meningkat. Terbukti dengan berduyun-duyunnya warga ikuti vaksinasi dosis 1 di Balaidesa Klampok, Senin (04/10).

“Sekarang yang menjadi persoalan adalah justru ketersediaan vaksin dan kesiapan tenaga nakesnya. Ratusan data warga kami yang belum vaksin dan sudah siap divaksin, sudah dikoordinir masing-masing ketua RT dan RW,” ungkap Nasikhatun Fitriyani, Kades Klampok.

Nasikhatun Fitriyani melanjutkan bahwa pihaknya hanya menyiapkan warga dan tempat guna pelaksanaan vaksinasi saja. Selebihnya teknis, mekanisme dan kuota vaksin ada pada puskesmas Wanasari.

Pada pelaksanaan vaksinasi hari ini, sempat sedikit rancu. Hal ini dikarenakan simpang siurnya kuota vaksin.

Awalnya pemdes Klampok bejerjasama dengan RT dan RW setempat mengkoordinir KK dan KTP warganya yang belum dan siap untuk divaksin. Pemdes pun menyiapkan kupon antrian sebanyak 400 kuon. Semuanya telah dibagikan ke 8 RW, masing-masing 50 kupon.

Namun sehari sebelum pelaksanaan, informasi terupdate dari puskesmas Wanasari, vaksin yang tersedia hanya sekitar 250, dan telah disiapkan pula kupon sebanyak itu.

Problem pun muncul, ketika kupon antrian sama-sama dibagi. Saat pelaksanaan warga pun bingung.

Namun dengan sigap pemdes Klampok berkoordinasi dengan kepala puskesmas untuk mengusahakan penambahan jatah vaksin.
“Ke depan kita harus lebih intens berkoordinasi dengan pihak Puskesmas, terutama terkait kuota vaksin. Sehingga tidak lagi terjadi kesimpang-siuran perihal antrian dan kuota vaksin”, tutur Nasikhatun Fitriyani