MUSRENBANGDES Klampok Tahun 2022 Berjalan Lancar

Klampok-Pemerintah desa Klampok menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) di aula Balaidesa pada Jumat (15/10).

Hadir pada kesempatan itu, Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kecamatan Wanasari, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Pendamping PKH, BPD, LPM, Ketua RW, ketua RT, anggota PKK, Kader posyandu, Pengurus BUMDES, Karang Taruna, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Mengawali sambutannya, Nasikhatun Fitriyani selaku Kades Klampok menyampaikan bahwa desanya kini terus melakukan berbagai pembenahan dan transparansi anggaran.

“Alhamdulillah untuk sekarang ini, desa Klampok sudah banyak perbaikan. Perihal laporan, kini kita tak tertinggal lagi, bahkan selalu masuk 5 besar. Begitu juga dalam hal PBB sudah lebih besar capaianbya. Sampai kemarin, kita menduduki peringkat ke 2 se kecamatan Wanasari,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Judi Eko Pramono selaku Kasi PMD menguraikan bahwa rencana pembangunan desa hendaknya kini mengacu pada beberapa poin penting, seperti pengentasan kemiskinan dan program prioritas nasional.

Ia juga berharap agar BUMDES yang ada harus dapat berjalan dan dikelola dengan baik. Begitu juga pembangunan yang akan dilaksanakan harus diterapkan sistem padat karya tunai, minimal 50 persen.

Lutfi Nazarudin selaku pendanping desa yang baru juga memberikan arahan dan pandangannya terkait penggunaan dana desa.

“Kami hanya mendampingi dan mengawasi penggunaan dana desa. Selebihnya pemerintah desa dapat merencanakannya sesuai aturan yang ada, yakni sesuai dengan tujuan pembangunan SDGS,” pungkasnya.

Di akhir acara, hadirin sepakat dengan menyerahkan hasil musyawarah dari Kades kepada ketua BPD.