Monitoring Posyandu Melati Desa Klampok

Klampok- Beberapa ibu-ibu muda tampak menggendong balitanya mendatangi Posyandu Melati di RW 8 pada Rabu (10/11).

“Alhamdulillah, saya selalu rutin datang ke Posyandu. Selain untuk menimbang anak saya, juga untuk mengetahui perkembangannya,” ungkap WIDIYAWATI, salah seorang ibu muda.

Rosita selaku bidan desa yang bertugas di Posyandu Melati memaparkan bahwa sedikitnya ada 30 sampai 40 balita yang hadir di posyandu Melati, tiap bulannya. Dan kurang lebih ada 5 ibu hamil yang juga turut hadir.

“Biasanya, pelaksanaan Posyandu Melati berkisar antara tanggal 13 atau 14 tiap bulannya. Namun karena tuan rumah ada keperluan, sehingga kami ajukan. Dan sevelumnya, seperti biasa kami juga umumkan lewat pengeras suara musholla dan masjid sekitar,” terang Rosita.

Pada kesempatan itu hadir Imam Chumedi selaku pendamping PKH untuk wilayah RW 7 dan 8 desa Klampok. Ia memantau para balita KPM PKH.

“Sengaja kami menyempatkan hadir untuk meninjau langsung keaktifan dan kehadiran para KPM PKH, khususnya yang memiliki kategori balita atau ibu hamil. Karena salah satu kewajiban dari peserta PKH, diantaranya yakni aktif hadir di fasilitas kesehatan, seperti Posyandu,” ungkapnya.

Selain monitoring, Imam Chumedi juga melakukan edukasi dan penyuluhan kepada KPM PKH akan arti penting kehadiran balita dan bumil di Posyandu. Bahkan ia tak segan, memberikan peringatan bagi KPM PKH yang memiliki balita atau ibu hamil, namun tak datang ke Posyandu.