Klampok Menuju Desa Siaga Mandiri

Klampok-Proses menuju desa siaga mandiri memang tak semudah membalikkan kedua telapak tangan. Semua persoalan kesehatan masyarakat satu persatu harus dapat diurai dan dicarikan solusinya. Termasuk dengan melaksanakan pembinaan Forum Kesehatan Desa (FKD)nya.

Tim dari puskesmas Wanasari dengan semangat melakukan pembinaan FKD pada Rabu, 17 Nopember 2021 di balai desa Klampok. Pengurus FKD beserta para ketua RW hadir pada acara tersebut.

“Mudah-mudahan dengan pembinaan FKD ini, mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat menuju desa siaga mandiri,” harap bidan Fadilah.

Pada kesempatan yang sama, dokter Arsis selaku kepala Puskesmas Wanasari juga menegaskan bahwa desa Klampok sudah masuk pada desa siaga. Hal itu ditandai dengan pemberian sertifikat dari dinas kesehatan Brebes.

Namun demikian beragam persoalan kesehatan masyarakat masih ada di tengah tengah masyarakat, seperti banyak warga yang terkena kusta, TBC, dan masih banyak pula yang belum memiliki jamban sehat.

“Desa siaga juga harus bisa memikirkan dan mengambil solusi, sekaligus mandiri, bisa memecahkan masalahnya sendiri,” tegas Fadilah memotifasi peserta yang hadir.

Ia juga menjelaskan latar belakang dan peran penting FKD sebagai forum kesehatan desa. Pertemuannya, minimal 8 kali. Bisa masuk dalam berbagai pertemuan, kader, RT RW atau pertemuan lainnya.

Fadilah juga menegaskan bahwa untuk menuju desa siaga aktif mandiri, harus ada tempat layanan kesehatan, ada kebijakan pemerintah setempat. Setiap desa bisa membuat aturan sendiri sesuai kebutuhan. Misal membuat peraturan, setiap warga yang akan membuat rumah harus ada WC nya.