Pembinaan Forum Kesehatan Desa

Klampok- Tim Puskesmas Wanasari memberikan pembinaan pada Forum Kesehatan Desa (FKD) desa Klampok, di aula Balaidesa pada Rabu (17/11).

Hadir pada kesempatan itu jajaran pengurus Forum Kesehatan Desa ((FKD), pengurus Rumah Desa Sehat (RDS), pendamping PKH, jajaran perangkat desa Klampok, kader posyandu, Ketua RW, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Nasikhatun Fitriyani selaku kades Klampok menyampaikan terima kasih kepada para kader posyandu dan ketua rukun warga yang selalu membantu, mensukseskan semua kegiatan dan program desa, termasuk dalam ini menyosialisasikan pentingnya hidup bersih dan sehat.

“Kami berharap semua pihak untuk bekerjasama menyiapkan segala keperluannya dalam rangka menyukseskan verifikasi ODF dari provinsi Jawa Tengah besok pagi,” harap mbak Vivi, kades Klampok.

Dokter Arsis membenarkan bahwa besok, 18 Nopember akan ada verifikasi ODF dari tim provinsi Jawa tengah. Adapun mengapa desa Klampok dipilih, karena diantaranya merupakan desa yang dialiri sungai, jumlah keluarga mencapai 3000 lebih, dan yang belum memiliki jamban sekitar 1300 keluarga.

Dokter Arsis berharap pemerintah desa dan ketua RW bisa menyiapkan semuanya, guna esok hari.

“Usahakan yg didatangi, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Anak-anak, lansia, ibu hamil, tidak usah menyambut,” tutur Arsis.

Tim verifikator juga akan menilai kebersihan lingkungan, seperti sampah disekitar maupun kondisi rumah. Jumlah responden yang dibutuhkan sekitar 40-50 keluarga.