Peran Penting Kader Posyandu Dalam Giat Vaksinasi

Klampok- Vaksinasi kepada masyarakat, khususnya di desa Klampok termasuk bukan hal yang mudah. Banyak problem yang menyebabkan hingga saat ini masalah vaksinasi terus digalakkan.

Begitu juga dalam pelaksanaannya. Publikasi dan memobilisasi warga juga butuh tenaga dan kepiawaian ekstra. Ada beberapa warga yang secara terang-terangan menolak vaksinasi, dan ada pula yang menunda-nunda vaksin dengan alasan kesibukan bekerja.

Untuk mengurai persoalan itulah para kader posyandu, hadir sebagai salah satu bagian dari tim suksesi vaksinasi. Mereka dengan suka rela mengedukasi bahkan memobilisasi warga disekitar lingkungannya yang belum vaksin untuk mau divaksin.

“Kami para kader, selain mendata warga yang belum vaksin juga ikut mengedukasi warga akan arti pentingnya vaksinasi demi kesehatan bersama,” tutur Eni kader dari RW 08.

Para kader juga turut aktif membantu kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh Puskesmas Wanasari.

“Tiap ada vaksinasi, kami dijadwal 4-5 kader untuk membantu kegiatan vaksinasi. Ada yang bertugas sebagai pencatat pendaftaran, mengisi data para calon vaksin dan merekap data akhir kehadiran” ungkap Yeyen, ketua kader.