Asyiknya Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2)

  • Imam Chumedi
  • Nov 19, 2023

Klampok- Salah satu pembeda antara bansos PKH dengan bansos lainnya adalah adanya Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga bagi para penerima manfaatnya. Pertemuan ini dipandu oleh para pendamping PKH yang sudah terlatih. 

Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga atau P2K2 itu bertujuan untuk memberikan wawasan dan peningkatan ilmu kepada para KPM PKH. Dengan berbagai wawasan diharapkan para penerima manfaat yang merupakan keluarga miskin, akan meningkat wawasan dan kemampuannya dalam berbagai hal. 

Ada beberapa materi yang disampaikan oleh para pendamping PKH pada pertemuan tersebut. Diantaranya materi tentang Kesehatan dan Gizi, Pencegahan Stunting, Perlindungan dan Pengasuhan Anak, Mengelola Keuangan, Perhatian Kepada Lansia dan Disabilitas serta materi lainnya. 

"Untuk menyederhanakan materi kepada KPM PKH, kami menyelingi dengan berbagai ice breaking, gerak dan lagu. Sehingga mereka tidak jenuh dan merasa terhibur," ungkap Asif Awaludin, pendamping PKH desa Klampok. 

Eti selalu KPM PKH merasa senang dengan adanya Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga. Baginya tak sekedar pertemuan biasa. Selain menambah wawasan juga baginya wadah silaturahmi dan hiburan ringan. 

"Asyik dan menyenangkan, tidak membosankan pertemuannya," ujar Eti.