Daftar Masjid-Musholla Se Desa Klampok

  • Imam Chumedi
  • Jul 15, 2023

Klampok- Selain terkenal sebagai salah satu desa yang padat pendduduknya, desa Klampok juga terkenal sebagai salah satu desa dengan jumlah masjid dan Musholla terbanyak se kecamatan Wanasari. Bahkan ada satu Masjid dengan nama Masjid Besar Al-Karomah.

“Kalo kita mengacu pada penamaan masjid, penggunaan nama Masjid Besar adalah untuk menunjukkan bahwa masjid tersebut adalah masjid tingkat kecamatan. Kalau masjid Agung, setingkat masjid kabupaten, dan masjid Raya untuk masjid tingkat Provinsi,” terang Ahmad Fadil, lebe desa (15/07).

Dari jumlah penduduknya yang hampir 99 persen beragama Islam, desa Klampok sedikitnya memiliki 8 Masjid dan 45 Musholla yang tersebar di 8 RW. Masjid dan Musholla tersebut aktif digunakan untuk kegiatan ibadah.

“Kemungkinan besar, berdasarkan info terkini, ada satu Musholla yang kini berubah menjadi masjid, yakni Musholla Al-Furqon, bahkan kini telah digunakan untuk pelaksanan sholat Jum’at”. Ungkap Fadil.

Ia berharap, jumlah masjid dan musholla yang begitu banyak betul-betul berfungsi dan memberikan maslahah kepada umat serta menambah kerukunan ukhuwah islamiyah, bukan sebaliknya, meskipun berbeda-beda afiliasi atau organisasi keagamaan para pengurusnya.