Manfaat Pertemuan Kelompok PKH

  • Imam Chumedi
  • Nov 19, 2023

Klampok- Salah satu tugas pendamping PKH yakni melaksanakan pertemuan kelompok PKH tiap bulan. Para pendamping PKH secara estafet melaksanakan pertemuan kelompok PKH di desa dampingannya. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Nurul Khotimah, di wilayah RW 4,5 dan 6 desa Klampok. Melalui bantuan ketua kelompok, tiap kelompok PKH berkumpul sesuai jadwal yang telah disepakati bersama. 

"Ada banyak manfaat dari pertemuan kelompok ini, salah satunya adalah untuk mengingatkan kembali komitmen para KPM PKH terutama di bidang pendidikan dan kesehatan, seperti kewajiban anak KPM untuk aktif di sekolah dan kehadiran balita dan bumil di fasilitas kesehatan," ungkap Nurul. 

Pada pertemuan kelompok PKH juga dilakukan absensi serta kroscek kategori. KPM PKH juga berinteraksi langsung dengan pendamping PKH seputar persoalan PKH yang dihadapinya. 

"Pada pertemuan kali ini, saya juga menanyakan perihal anak saya yang masih balita, tapi kok tidak cair," tutur Santi salah satu KPM. 

Menurut Nurul pertemuan kelompok sangat bermanfaat bagi KPM. Selain beragam informasi terkini tentang PKH, pertemuan kelompok juga menjadi ruh pkh. Dengan pertemuan kelompok semua masalah bisa dibicarakan dan dicarikan solusinya. Pertemuan kelompok juga sebagai wadah penyuluhan dan edukasi paling efektif bagi penerima manfaat PKH.